Alumni

Himpunan Alumni
Jelaskan apakah lulusan program studi memiliki himpunan alumni. Jika memiliki, jelaskan aktivitas dan hasil kegiatan dari himpunan alumni untuk kemajuan program studi dalam kegiatan akademik dan non akademik, meliputi sumbangan dana, sumbangan fasilitas, keterlibatan dalam kegiatan, pengembangan jejaring, dan penyediaan fasilitas.

  • Himpunan Alumni pernah terbentuk dengan nama Interaksi. namun, himpunan ini kemudian kurang aktif tapi belakangan sudah aktif kembali, dengan nama himpunan Alumni Ikatan Keluarga Besar Sosiologi (IKBS).
  • Data menunjukkan bahwa setiap angkatan memiliki saling hubungan di antara mereka, misalnya angkatan 2008, 2009, 2010 saat ini saling berjejaring. Model ini nampaknya produktif karena dapat menjadi sarana informasi pekerjaan dan kebutuhan sosial lainnya.Saat ini telah terpilih dan terbentuk susunan pengurus alumni yang merangkul berbagai angkatan dengan tujuan membangun jaringan dan membantu penguatan kapasitas alumni serta memberi dukungan (material dan gagasan) kepada Program Studi . Berikut ini nama-nama pengurus alumni.
  • Kepengurusan Alumni masa bakti 2016-2019 diketuai oleh angkatan 1991 yang pada tanggal 16 Agustus 2016 melakukan kegiatan Sambung Rasa Ikatan Keluarga Besar Alumni Sosiologi (IKBS) sekaligus penyerahan donasi Alumni berupa Infokus/Proyektor yang diserahkan kepada Program Studi Sosiologi.

Partisipasi alumni dan lulusan untuk Program Studi Sosiologi.

Program studi memiliki Ikatan Keluarga Besar Sosiologi (IKBS) dan secara periodik (setiap tahun) mengadakan pertemuan untuk membahas upaya peningkatan kualitas Program Studi Sosiologi untuk kemajuan program studi dalam.
Akademik

  • Sumbangan Dana
    Partisipasi alumni dalam mendukung Program Studi S1 adalah dengan memberikan sumbangan dana yang digunakan untuk acara seperti Olimpiade Sosiologi dan Karnaval Sosiologi termasuk diskusi dan seminar yang diadakan Kelompok Diskusi seperti Keris dan Frekuensi Dana diperoleh dari alumni yang sudah bekerja dan perusahaan tempat alumni bekerja
  • Sumbangan Fasilitas
    Partisipasi alumni dalam penambahan dan peningkatan fasilitas cukup besar. Fasilitas-fasilitas yang diperoleh dari alumni yang bekerja, seperti komputer, kipas angin, printer, infokus, LCD, Gedung Serbaguna, maupun bahan-bahan referensi (buku) terbaru yang dapat digunakan oleh setiap mahasiswa dalam proses belajar-mengajar.
  • Keterlibatan dalam Kegiatan Akademik
    Keterlibatan alumni dengan Program Studi Sosiologi dalam kegiatan kuliah tamu, seminar, diskusi ilmiah, secara sukarela bersedia menjadi pembicara seperti alumni yang pernah diundang dari PT Inco Sulawesi Selatan (Jannus Siahaan) dan HIPMI (Hendra Utama). Juga menjadi pembicara tamu saat penerimaan mahasiswa baru (2016).
  • Alumni menyediakan informasi mengenai peluang pekerjaan, kegiatan penelitian, pengabdian, dan praktek lapangan di tempat mereka bekerja. Manfaatnya adalah mahasiswa mendapat lokasi PKL untuk memenuhi kebutuhan kurikulum. Beberapa jejaring informasi lokasi PKL yang didapatkan dari alumni adalah, contohnya, Hendra Utama di Kadin Sumut, Agus Arifin di KPUD Langkat, Christian Pasaribu di City Research Centre Medan, dan sebagainya.

Non Akademik

  • Sumbangan dana
    Alumni juga berpartisipasi dalam penyumbangan dana untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang sifatnya non akademik seperti dies natalis, Festifal Soslologi, olahraga bersama, yang diikuti mahasiswa, alumni, dan dosen untuk meningkatkan rasa kekeluargaan satu sama lain sebagai satu almamater. Dana yang diperoleh dari alumni berupa barang seperti kaos olahraga, topi, buku, pulpen, dan juga berupa uang yang digunakan untuk kesuksesan setiap acara yang diselenggarakan oleh program studi Manajemen.
  • Pengembangan jaringa.Membangun jejaring ini diwujudkan dengan adanya Ikatan Alumni Ikatan Keluarga Besar Sosiologi (IKBS-USU). Jejaring Ikatan Sosiologi melakukan kegiatan reuni tahunan dalam acara Manajemen Fiesta dan Dies Natalis yang selalu mengundang pejabat struktural fakultas dan universitas. Pemanfaatan informasi dari alumni mengenai ketersediaan pekerjaan dilakukan secara berkala dengan memanfaatkan website sosiologi.usu.ac.id dan media sosial lainnya dengan selalu melakukan updating data alumni sehingga kontak dengan alumni selalu terjaga dengan baik. Sehingga bila instansi di mana alumni bekerja membuka lowongan pekerjaan, alumni tersebut akan memberikan informasi kepada Program Studi Sosiologi. Untuk memperluas jaringan, alumni juga memiliki akses informasi dengan menggunakan media Radio Sindo dan Koran Sindo di Medan.
  • Sumbangan fasilitas Gedung Serba Guna FISIP USU. Manfaatnya adalah mahasiswa mendapatkan tempat untuk melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler non akademik seperti perlombaan seminar, workshop, perlombaan dan lain-lain.
  • Alumni juga memberikan sumbangan akademik, seperti memberikan masukan pada saat evalusi kurikulum dan silabur program studi serta memberikan bantuan supervisi bagi mahasiswa pkl yang ditempatkan di tempat kerja mereka.