Prosedur Skripsi

Panduan ini disosialisasikan saat (1) Penerimaan Mahasiswa Baru, Program Studi membagikan Buku Panduan ini.Namun karena panduan ini terlalu banyak, juga disiapkan presentase power poin; (2) Pengajuan Proposal dan Ujian Proposal Skripsi, Program Studi senantiasa mengingatkan mahasiswa memperhatikan buku panduan Program Studi saat mengajukan proposal skripsi. Begitu juga saat ujian proposal, penguji proposal akan mengingatkan kembali mahasiswa mengikuti alur penulisan skripsi berdasarkan dan (3) Proses Bimbingan Skripsi.Tidak jauh berbeda saat ujian proposal, pada saat bimbingan dosen pembimbing juga kembali mengingatkan kembali mahasiswa mengikuti alur penulisan skripsi.


Panduan ini dilaksanakan konsisten, karena akan berakibat pada proses penjadwalan ujian skripsi mahasiswa/i dan termasuk nilai yang akan diberikan kepada mahasiswa. Bila tidak dijalankan, maka Tim Etik akan memberikan sanksi (terutama bila terjadi plagirisme).  Adapun prosedur (SOP) mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi dari pengajuan judul sampai dengan ujian komprehensif adalah sebagai berikut :

Tatalaksana Penyusunan Skripsi
Skripsi adalah karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang ditulis di akhir masa studi pada program pendidikan sarjana. Karya ilmiah tersebut merupakan bagian tugas untuk mencapai gelar sarjana ilmu sosial (sosiologi).

Persyaratan
Mahasiswa yang ingin memulai menulis skripsi harus memenuhi ketentuan sebagai berikut:

  • Telah memperoleh minimal 110 SKS tanpa nilai D dan E.
  • Telah lulus mata kuliah Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Teori Sosiologi Kontemporer, dan Praktek Kerja Lapangan (PKL).
    Untuk menegaskan bahwa persyaratan ini telah terpenuhi maka mahasiswa yang bersangkutan harus memperlihatkan Kartu Hasil Studi (KHS) Asli kepada Program Studi.

Proses Menuju Seminar Proposal Skripsi

  • Mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan di atas diperbolehkan menyampaikan judul rencana skripsi pada Ketua Program Studi setelah sebelumnya mendapat persetujuan dari Dosen Wali.
  • Rencana judul skripsi sebaiknyaterkait dengan profil lulusan yakni sebagai (1) peneliti sosial (2)pemberdaya masyarakat dan (3) konsultan pemula perencanaan sosial pembangunan.
  • Mengusulkan dan melakukan konsultasi 3 (tiga) judul usulan penelitian yang relevan dengan bidang ilmu Sosiologi kepada Dosen Wali.
  • Tiga judul usulan penelitian yang telah disetujui oleh dosen wali kemudian diajukan kepada Ketua/Sekretaris Program Studi .
  • Ketua/Sekretaris Program Studi menetapkan satu judul usulan penelitian, atau menyarankan untuk mengajukan judul yang lain bila judul yang diajukan dianggap tidak layak.
  • Setelah salah satu judul usulan penelitian ditetapkan dan disetujui, Ketua/Sekretaris Program Studi menunjukan dosen pembimbing Proposal Skripsi / Skrispsi, sekaligus mengeluarkan SK pembimbing proposal dan skripsi. Jumlah dosen yang ditetapkan menjadi Dosen Pembimbing adalah 1 (satu) orang. Syarat untuk menjadi dosen Pembimbing Utama berkaitan dengan bidang keahlian dosen yang bersangkutan, dan minimal telah memiliki jabatan fungsional Lektor atau berpendidikan S2.
  • Mahasiswa menyusun proposal penelitian dan telah melaksanakan seminar proposal skripsi, paling lama 3 (tiga) bulan setelah judul ditetapkan (SK pembimbing diterbitkan). Lewat dari batas yang telah ditentukan mahasiswa belum selesai menyusun proposal penelitian dan belum melaksanakan seminar proposal skripsi, maka mahasiswa tersebut diperbolehkan untuk menambah waktu melalui persetujuan dari dosen pembimbing, yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dosen pembimbing yang ditujukan pada Program Studi .
  • Setelah proposal penelitian disusun sesuai dengan sistematika dan paradigma penelitian serta mendapat persetujuan dari dosen pembimbing, proposal diajukan kembali kepada Ketua/Sekretaris Program Studi untuk memperoleh persetujuan mengikuti Seminar Proposal Skripsi.
  • Proposal yang sudah disetujui untuk diseminarkan, sekaligus ditetapkan tim dosen penguji serta waktu pelaksanaan seminar proposal skripsi.